Sabtu, 10 November 2007

Pentingnya sosialisasi

Tahukah kamu?


Saat ini banyak orang pintar di dunia ini. Orang beranggapan bahwa orang pintar memiliki kans yang lebih besar menjadi orang sukses dibandingkan orang yang kurang pintar. Tapi nyatanya, tidak sedikit di antara orang pintar tersebut tidak menjadi orang sukses bahkan ada yang sangat terpuruk dalam kehidupannya.


Sangat aneh memang, bila ada orang pintar yang menjadi pengangguran. Padahal orang pintar memiliki nilai tambahan dibandingkan orang yang kurang pintar. Nyatanya itu memang terjadi. Bahkan di zaman seperti ini orang yang memiliki pendidikan yang sangat kurang seperti hanya lulusan SD dapat menjadi orang sukses dibandingkan orang pintar yang memiliki ijazah sarjana.



Ternyata di zaman seperti ini, kepintaran yang dimiliki oleh seseorang tidak mutlak menjadi patokan bahwa seseorang akan berhasil di masa yang akan datang. Selain kepintaran, ternyata seseorang harus memiliki pergaulan yang luas.



Mengapa demikian? Logikanya adalah jika seseorang yang memiliki suatu kemampuan tertentu tetapi tidak mampu mengembangkannya karena keterbatasannya relasi maka ia tidak akan sukses. Sedangkan orang yang hanya memiliki kemampuan yang standard tetapi karena ia memiliki relasi yang luas maka ia dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.



Oleh karena itu, di zaman sekarang ini, kita diharuskan untuk bersosialisasi dengan baik. Janganlah kita hanya bergaul dengan satu golongan saja. Kalau bisa kita dapat menjamah semua golongan pergaulan. Mungkin di antara semua golongan pergaulan tersebut ada yang kurang baik. Tetapi jika kita dapat menjaga diri dan dibekali iman yang baik maka kita tidak akan terbawa dalam kegiatan yang buruk.









Tidak ada komentar: